Batu Akik Khas Cianjur

 
Mengenal Batu Khas Cianjur


Sumber daya mineral atau yang lebih dikenal dengan bahan galian mengandung arti bahan yang dijumpai di dalam baik berupa unsur kimia, mineral, bijih ataupun segala macam batuan. Berdasarkan bentuknya bahan galian dibedakan menjadi tiga yaitu bahan galian berbentuk padat (misalnya emas, perak dan gamping, lempung dll), bahan galian berbentuk cair (misalnya minyak bumi, yodium dll), maupun bahan galian yang berbentuk gas (misalnya gas alam)..

Proses Pembentukan Batu  
            Seperti kita ketahui saat ini di negeri ini lagi dilanda demam batu mulia dan batu akik, dalam proses pembentukan batu mulia terjadi melalui proses geologi sebagaimana batuan lainnya, misalnya melalui diferensiasi magma, metamorfosa, atau sedimentasi. Awalnya adalah aktivitas dapur magma di perut Bumi. Batuan cair bersuhu di atas 1.000 derajat celsius ini terus bergerak dalam selubung atau mantel Bumi. Di luar mantel ini adalah lapisan kerak Bumi, yang tersusun dari lempeng-lempeng yang terus bertumbukan dan menyisakan banyak retakan. Tekanan yang kuat dari dalam cenderung mendorong magma untuk mencari jalan keluar ke permukaan. Ketika cairan super panas dan bertekanan tinggi ini mulai naik, cairan ini akan melarutkan berbagai batuan lain yang telah ada. Terjadilah proses pelarutan atau ubahan hidrotermal.
Salah satu batu mulia yaitu intan, yang memiliki keistimewaan karena kekerasannya. Dalam jajaran batu mulia, skala kekerasan intan mencapai 10 mohs, disusul batuan safir dan rubi (mirah delima) yang mencapai 9 mohs, zamrud mencapai 7-8 mohs. Batuan akik atau yang dalam istilah gemstone digolongkan sebagai batuan setengah mulia memiliki kekerasan kurang dari 7 mohs.
Dalam proses terbentuknya batuan akik yaitu terbentuk saat larutan hidrotermal semakin mendingin karena semakin dekat permukaan. Sambil berjalan ke atas, dia mengisi rekahan dan pori-pori batuan, dan bahkan mengisi fosil kayu sehingga membatu. "Batuan akik terbentuk oleh tudung-tudung silika atau larutan hidrotermal, yang tidak terlalu jauh dari permukaan.
Beragamnya warna-warna pada batu akik itu akibat proses pengotoran magma cair oleh batuan atau tanah di sekitarnya. Peristiwa ini terjadi saat terangkatnya cairan magma dari perut bumi ke permukaan tanah melalui proses vulkanik.
Banyaknya jenis batu akik di berbagai daerah warnanya berbeda-beda, misalnya di Aceh, Palu, Kalimantan, sampai Papua. Meski jenis batu akik sama, unsur tanah dan batuan setiap daerah berbeda sehingga menghasilkan warna yang berbeda pula.
“Selanjutnya proses berada di tangan perajin batu akik. Seorang ahli geologi sekalipun sulit menentukan mana batu akik yang harganya mahal. Saat ini beberapa jenis batu akik yang populer di Indonesia antara lain batu bacan, safir, zamrud, ruby, giok, kecubung, dan banyak lagi lainnya. Jenis batu akik tersebut lebih populer di kawasan Asia, seperti Tiongkok, dan Indonesia.
Di tahun 2015 demam batu akik melanda keseluruh pelosok, termasuk di Cianjur, ada beberapa batuan khas Cianjur mulai merangkak ke pasaran batu akik yaitu diantaranya batu black aren dari Cidaun, batu calsedon (hijau, kuning) sungai Cijampang Pagelaran, Batu Sabun Cilongsong, calsedon ungu dari sungai Cibuni, serta masih banyak batuan lain dengan warna yang berbeda tapi masih satu jenis batu termasuk fosil kayu dengan serat emas.
Berikut ini ada beberapa jenis bentuk dan motif batu khas Cianjur yang penulis koleksi yaitu diantaranya dari jenis Calsedone hijau, batu lumut bermotif, sempur urat emas, dan black aren.

                                                           Batu Teratai motif Edelweis

                                                      Batu bergambar abstrak Manusia

                                                          Batu Bergambar Abstrak 


                                                    Sempur Serat Emas Gambar Burung



                                                                  Calsedone Hijau


                                                           Batu fosil kayu dari Agrabinta

Gambar diatas adalah hanya beberapa batu yang penulis dokumentasikan, serta masih banyak jenis-jenis batu berkualitas yang belum sempat penulis dokumentasikan.

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK