LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK



Mendengar kata statistik inilah biasanya seorang mahasiswa yang lagi menyusun tugas akhir pasti tepuk jidat, hehehe... pernah dengar hebohnya quick count di setiap Pemilu, yang pada dasarnya hanya menggunakan metode statistik bisa memprediksi secara cepat siapa yang menjadi pemenang, ini terlepas dari peneliti yang ada pesanan ya.. hehehe... tapi oke lah kita paparkan sedikit tentang statistik. Landasan kerja statistik terdiri dari tiga landasan yakni variasi, reduksi dan generalisasi. Mari kita uraikan satu persatu.

Yang pertama tentang Variasi. Seperti kita ketahui di dunia fana ini tidak ada dua fenomena yang sama persis, manusia kembar saja tentu saja ada perbedaannya. Jika ada sejumlah gejala atau peristiwa yang persis sama bukan berarti tidak ada variasi. Artinya adanya statistik kerena adanya variasi, kalau saja tidak ada variasi tentu tidak perlu adanya statistik.
Yang kedua reduksi. Dengan statistik dapat disimpulkan suatu keadaab populasi tanpa menggunakan informasi dari seluruh anggota populasi, tetapi cukup didasarkan kepada informasi dari sampel. Sebagai contoh untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari sebuah toko yang menjadi pelanggan tetapnya 1500 orang, tentunya tidak perlu 1500 pelanggan tersebut diteliti, tetapi cukup dengan sampel saja.
Ketiga yaitu generalisasi, walaupun untuk memperoleh data populasi hanya menggunakan sampel, akan tetapi kesimpulan yang diambil dari sampel itu dapat dikenakan atau digeneralisasikan untuk seluruh populasi. Sebagai contoh kita ingin mengetahui tingkat efektifitas kegiatan belajar mengajar. Sampel refresentatif yang digunakan 1000 siswa. Ternyata 20 orang dari sampel masih dianggap kurang efektif. Maka dengan demikian efektifitas kegiatan belajar mengajar itu yaitu :







Efektifitas kegiatan belajar mengajar yang didasarkan pada 1000 orang itu dapat digeneralisasikan untuk seluruh populasi. Jadi, dengan demikian penggunaan statistik ini akan dapat menghemat biaya, tenaga serta waktu tanpa harus mengurangi kualitas kesimpulan yang dihasilkan.
Selanjutnya bagaimana karakteristik statistik. Dalam statistik terbagi ke dalam 3 karakter yaitu 
1. Bekerja dengan angka
    Sebuah data yang dinyatakan dengan kata “kira-kira” “kebanyakan” “kurang lebih”  bukanlah data          
    statistik. Yang dimaksud dengan data statistik adalah data kuantitatif yang berupa angka-angka.
2. Bersifat obyektif
    Mengingat statistik selalu bekerja dengan angka, maka statistik itu harus bersifat obyektif, yang artinya 
    angka akan bicara apa adanya bukan bahasa politis. 
3.  Bersifat universal
    Statistik tidak hanya digunakan dalam satu bidang keilmuan saja, tetapi dapat digunakan secara universal, 
    yaitu dalam berbagai bidang. Sebagai contoh pendidikan psikologi, hukum, teknologi, manajemen, 
    administrasi dan lainnya. Sekumpulan informasi atau fakta tentang suatu problema itu disebut dengan data, 
    baik berupa angka (bilangan) ataupun berupa kategori seperti senang, tidak senang, baik buruk, berhasil, 
    gagal, tinggi rendah dan lainya.



Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel