Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel



Menghitung R Tabel dengan Excel


19 Mei 2015/Dicky Nizar
Dalam penyusunan suatu penelitian tentunya tidak terlepas dari perhitungan dengan menggunakan rumus, namun ada kalanya kita sering kebingungan karena tidak atau belum mempunyai aplikasi yang khusus seperti SPSS, PLS, Lisrel dan lain-lain, berikut saya bagikan sedikit ilmu mengenai cara menghitung Rtabel dengan Microsoft Excel.
Banyak tabel pendukung dalam buku statistik yang digunakan untuk membuat putusan ataupun kesimpulan atas hipotesis penelitian yang diajukan, seperti tabel T, tabel F, tabel Z, dan tabel r, serta tabel lainnya. Namun seringkali tabel tersebut tidak memenuhi kebutuhan peneliti karena keterbatasan kasus atau jumlah observasian (N).

untuk memperoleh tabel r menggunakan excel, tanpa harus melihat tabelnya. Berdasarkan statistik, nilai r tabel diperoleh dari rumus:



Dimana: r = nilai r tabel, t = nilai t tabel dan df (degree of freedom) = derajat bebas. Berdasarkan rumus tersebut, maka pada Excel dilakukan tahapan sebagai berikut:
Pada kolom A dituliskan derajat bebas (df). Derajat bebas dihitung dengan rumus N-2, dimana N adalah jumlah data. Dalam contoh diatas, kita buat df nya 1 –6




 Kemudian pada sel B3 kita tuliskan rumus berikut: =TINV(B2;A3). Ini adalah rumus untuk mencari nilai t tabel. Pada sel B2 kita tuliskan angka 0,05. Contoh. ini adalah untuk mencari nilai t tabel dengan α (tingkat signifikansi 5%)


tekan enter, hasilnya sebagai berikut :



 selanjutnya untuk mengisi kolom Ttabel yang lain kita tinggal copy rumus diatas dalam sel B3 kita tuliskan rumus berikut: =TINV(B$2;A3).




Kolom C kita gunakan untuk menghitung nilai r tabelnya. Pada sel C2 kita tuliskan angka 0,05. Contoh ini adalah untuk mencari nilai r tabel dengan α (tingkat signifikansi 5%). Kemudian pada sel C3 kita tuliskan rumus berikut: = B3/SQRT(A3+B3^2).


selanjutnya kita copy untuk melihat hasil semuanya 

 


Jika kita ingin mendapatkan r tabel tanpa menghitung t tabel terlebih dahulu, anda cukup menggunakan rumus =TINV(B2;A3)/SQRT(A3+(TINV(B2;A3))^2) pada kolom B3 seperti gambar berikut:


selanjutnya tekan enter, adapun untuk mengisi kolom yang lainnya kita tinggal meng-copykan rumus diatas dengan menambahkan simbol dolar seperti gambar dibawah ini 


dengan hasil akhir perhitungan seperti ini 


dan yang terpenting harus diingat dalam setiap formula atau rumus dalam excel harus diawali dengan (=) semoga bermanfaat

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK