SISTEM DAUR HIDUP SUATU PRODUK



Daur hidup produk (product life cycle) adalah suatu tingkatan yang dilalui oleh suatu produk dari awal atau permulaan sampai dengan akhir. Mengenai daur hidup produk ini dapat terbagi ke dalam empat tahap pokok yaitu (1) pengenalan ke pasar, (2) pertumbuhan pasar, (3) pendewasaan pasar, dan yang terakhir (4) penjualan yang semakin menurun.
Bauran pemasaran dari suatu perusahaan dalam sebuah produk harus berubah sepanjang tahapan-tahapan ini dikarenakan berbagai alasan. Sikap dan kebutuhan para konsumen atau pelanggan mungkin berubah sepanjang waktu daur hidup sebuah produk. Dalam masa ini mungkin pasar-pasar yang menjadi sasaran dapat berbeda pada tahapan yang berbeda pula dari daur hidupnya. Sifat persaingan mungkin berubah menjadi persaingan murni atau biasa disebut dengan oligopoli.

Selanjutnya penjualan secara keseluruhan dari suatu produk, oleh semua pesaing dalam industri dapat berbeda menurut dari keempat tahapan tadi. Serta yang lebih penting lagi adalah gambaran keuntungan akan mengalami perubahan. Adalah penting untuk dimengerti bahwa keduanya tidak bersamaan jalannya. Keuntungan menurun sementara penjualan masih terus meningkat.

Pengenalan Pasar
Selanjutnya dalam tahap pengenalan pasar (market introduction) terjadi sementara suatu ide yang baru diperkenalkan kepada pasar. Dimana para pelanggan tidak mencari produk yang bersangkutan atau dalam hal ini mereka tidak mengetahui produk ini. Untuk hal itu diperlukan sebuah promosi untuk memberitahu kepada calon konsumen atau pelanggan mengenai produk yang baru ini terkait dengan manfaat dan keuntungan apabila menggunakan produk ini.
Meskipun sebuah perusahaan mempromosikan sebuah produknya, namun hal ini membutuhkan waktu bagi para pelanggan atau konsumen untuk mengetahui tentang produk ini. Tahap pengenalan ini biasanya ditandai oleh kerugian-kerugian yang ditanggung perusahaan, dimana banyak budget yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam rangka pengembangan sebuah promosi  dan produk serta tempat (place). Jadi intinya uang ditanam untuk memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang.
Pertumbuhan Pasar
Pada tahap pertumbuhan pasar (market growth) terjadi apabila penjualan industri mulai tumbuh dengan cepat. Dalam proses ini keuntungan meningkat dan kemudian mulai menurun. Dalam tahap ini penjualan industri meningkat dengan cepat apabila semakin banyak konsumen yang melakukan pembelian. Tahap kedua ini dapat berlangsung mulai dari beberapa hari sampai beberapa tahun. Tahap ini merupakan masa dengan keuntungan pali ng besar bagi sebuah perusahaan, tetapi pada masa ini pula merupakan permulaan dari penurunan keuntungan perusahaan, apabila terjadi persaingan yang ketat maka beberapa perusahaan akan mengalami kerugian dalam tahap ini.
Pendewasaan Pasar “tingkat penjualan berkurang, keuntungan menurun”
Tahap kematangan pasar (Market manurity) terjadi apabila penjualan suatu produk dari sebuah perusahaan mulai berkurang serta persaingan semakin ketat. Dalam hal ini banyak pesaing bisnis serupa dalam mengejar keuntungan kecuali dalam hal oligopoli. Keuntungan perusahaan menurun sepanjang masa ini karena biaya promosi meningkat. Beberapa pesaing mulai menurunkan harga dalam menggiatkan usaha, bahkan dalam keadaan oligopoli, ada suatu penekanan yang bersifat jangka panjang terhadap harga.
Dalam persaingan monopolistis, kita dapat melihat kenaikan bersaing dalam sebuah produk, harga, dan promosi. Walaupun setiap perusahaan masih mempunyai kurva permintaan sendiri, kurva tersebut semakin elastis karena semua produk menjadi hampir sama dalam benak pelanggan yang potensial.
Penurunan Penjualan
Tahap penurunan penjualan (sales decline) terjadi pada waktu produk baru menggantikan produk lama. Persaingan harga dari produk-produk yang mulai tidak laku mungkin meningkat, tetapi bagi produk-produk dengan merk yang kuat mungkin membuat keuntungan sampai saat terakhir. Perusahaan-perusahaan yang seperti ini mempunyai kurva permintaan yang miring dari kiri atas ke kanan bawah karena mereka mampu untuk mendifferensiasikan produknya.

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK