PERBEDAAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN

Salah satu faktor yang sering dijadikan variabel dalam penelitian terkait kinerja salah satunya adalah pengaruh kepemimpinan. Istilah kepemimpinan berasal dari kata dasar “pimpin” yang mana artinya bimbing atau tuntun. Dari kata tersebut lahirlah kata kerja “memimpin” atau bisa juga membimbing atau menuntun.
Sedangkan kata bendanya “pemimpin” yang punya arti orang yang dapat memimpin. Dalam kepustakaan ilmu administrasi kita sering menjumpai istilah manajemen yang merupakan inti dari administrasi, karena manajemen merupakan alat pelaksana yang utama dalam administrasi. Dalam bahasa asing pemimpin dikenal dengan istilah leader, sedangkan kepemimpinan dikenal dengan leadership. Meskipun kepemimpinan dengan management tidaklah sama tetapi kedua hal ini tidak dapat terpisahkan. Adapun perbedaan dari keduanya yaitu : 
  1. Kepemimpinan bernuansa serta mengarah kepada kemampuan individu, yaitu kemampuan muncul dari kemampuan dari seorang pemimpin. Sedangkan manajemen mengarah kepada sistem serta mekanisme kerja. 
  2. Kepemimpinan merupakan suatu kualitas hubungan atau interaksi antara seorang pemimpin dengan pengikut dalam situasi tertentu, sedangkan manajemen merupakan fungsi status atau wewenang (autority). Jadi konklusinya kepemimpinan menekankan kepada pengaruh terhadap pengikut (wibawa) sedangkan manajemen menekankan kepada wewenang yang ada. 
  3. Kepemimpinan menggantungkan diri pada sumber-sumber yang ada dalam dirinya (kemampuan serta kesanggupan) dalam mencapai tujuan adapun manajemen mempunyai kesempatan untuk mengerahkan dana serta daya (fund and forces) yang ada di dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan secara efisien serta efektif. 
  4. Kepemimpinan diarahkan untuk mewujudkan suatu keinginan seorang pemimpin, walaupun tujuan akhirnya akan mengarah kepada ketercapaiannya suatu tujuan organisasi, sedangkkan manajemen mengarah kepada tercapainya tujuan organisasi secara langsung. 
  5. Sifat kepemimpinan lebih kepada sifat hubungan personal yang berpusat kepada diri sendiri seorang pemimpin, pengikut dan situasi, sedangkan manajemen lebih bersifat kepada impersonal (input) logika, rasio, budget, analisis dan kuantitatif. 
Walaupun kedua hal tersebut berbeda tetapi keduanya tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Apabila kita perhatikan berbagai macam definisi terkait dengan manajemen yang intinya menyatakan “getting the work done thorugh other efficiently an effectively” maka jelaslah bahwa manajemen itu merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pejabat-pejabat pimpinan (manager) untuk mengerahkan, menggerakan dan mengarahkan segala sumber (budget dan daya) untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Rangkaian tersebut dapat digolongkan ke dalam berbagai fungsi organik dan fungsi pelengkap sehingga kita menemukan fungsi manajemen. Lebih lanjut relevansi manajemen dengan kepemimpinan kita bisa lihat apa yang George Terry ungkapkan bahwa fungsi manajemen terdiri dari planning, organizing, actuating dan controlling. Dimana actuating berfungsi didalamnya mengandung makna leadership (kepemimpinan yang kemudian merasuk ke dalam fungsi-fungsi lainnya. Lebih jelas lagi dapat dinyatakan bahwa sarana-sarana untuk menggerakan (actuating) itu adalah kepemimpinan (leadership), hubungan secara manusiawi (human relations) dan komunikasi (comuication). Kepemimpinan merupakan suatu sarana dalam menggerakan (actuating) serta yang terakhir adalah merupakan suatu fungsi manajemen. Jadi wajar apabila kepemimpinan itu harus dipelajari oleh para pejabat pimpinan (manajer). Bahkan menurut Louis Allen leadership merupakan suatu fungsi dari manajemen, management leading, management planning, management organizing dan management controlling.

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK