KONSEP PEMASARAN
Apa arti dan
bagaimana peranan pemasaran dalam kehidupan masyarakat, tentunya apabila
dipaksan untuk memberi rumusan tentang pemasaran, mungkin kebanyakan orang akan
mengatakan bahwa pemasaran berarti “menjual” atau juga memasang iklan”. Akan
tetapi jawaban seperti itu tidaklah sebetulnya benar, karena dua jawaban itu
hanyalah sebagian dari pemasaran. Pemasaran tidak hanya meliputi hanya menjual
dan memasang iklan.
Sebagai contoh mari
kita bayangkan tentang pemasaran kompor, kita tahu bahwa tidak ada satupun
diantara kita sejak lahir dibekali dengan sebuah kompor, atau kita membuat
sendiri kompor tersebut, kompor tersebut dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang
sengaja membuat untuk dipasarkan dan dapat digunakan oleh khalayak ramai
sebagai contoh saja sebut perusahaan butterfly, Rinai, Quantum dan lain-lain.
Mungkin kita juga
tahu bahwa fungsi dari kompor itu sama, yaitu untuk memasak, memanaskan makanan
dan lain-lain. Namun demikian, kita juga tahu bahwa dari sekian banyak kompor
kita dapat memilih serta membedakan, baik dari nyala api, kekuatan kompor yang
tahan lama, model atau apapun terkait selera masing-masing.
Berikut menurut
Jeromy McCarty dalam bukunya dasar-dasar pemasaran, mengatakan bahwa ada
beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan apabila mereka
mengambil keputusan dalam pembuatan suatu produk diantaranya :
1. Membuat perkiraan berapa banyak
orang yang akan membeli produk
2. Meramalkan dengan tepat kapan mereka
membutuhkan atau mengganti produk yang lama
3. Menentukan efektifitas barang yang
dibutuhkan konsumen
4. Menentukan bahan untuk pembuatan
barang yang akan dijual
5. Menentukan harga yang dapat
terjangkau dengan segala kelebihan barang yang akan diproduksi
6. Menentukan lokasi pangsa pasar
7. Menentukan cara-cara promosi
8. Menentukan perkiraan perusahaan lain
yang akan memproduksi produk yang sama
Kegiatan-kegiatan
diatas tersebut bukanlah merupakan dari proses manufaktur melainkan
kegiatan-kegiatan diatas merupakan bagian dari proses yang lebih luas, atau
yang lebih tepatnya disebut dengan pemasaran yang dapat memberikan pengarahan
yang diperlukan untuk kegiatan manufaktur
dan membantu agar barang-barang yang tepat sampai kepada konsumen yang
tertarik akan barang-barang ini. Kesimpulannya jadi kita tahu bahwa pemasaran
itu bukan hanya menjual dan memasang iklan.