SOLUSI PEMASARAN DENGAN IKLAN DI WEB
Mengisi
liburan, mungkin setiap orang sudah merencanakan untuk bepergian berlibur,
menyiapkan segala sesuatu, baik budget, menentukan lokasi untuk berlibur.
Tentunya setiap orang berbeda dalam menentukan pilihan lokasi berlibur, apalagi
untuk berpergian ke luar kota. Ada yang mencari referensi secara online, kabar
dari kawan. Salah satu lokasi yang sering menjadi tujuan untuk berlibur orang
Jakarta adalah kawasan puncak, Cipanas Cianjur.
Meskipun
dalam rilis terakhir dari tujuan destinasi wisata, Kabupaten Cianjur tercoret
dari Dinas Pariwisata dikarenakan sarana dan inprastruktur di lokasi wisatanya
kurang memadai.
Cianjur
adalah kota kecil
yang cukup berkembang, di wilayah ini banyak sekali
lokasi yang eksotis untuk berlibur, namun harus diakui dalam strategi
pemasarannya sangatlah minim serta kurang mendapat perhatian, wisatawan yang
berkunjung biasanya hanya berdasarkan informasi mulut ke mulut. Untuk itu perlu pemerintah daerah mulai
berbenah diri mulai dari perbaikan infrastruktur lokasi wisata, akses yang
mudah serta menciptakan strategi
pemasaran yang baik, karena selama
beberapa tahun terakhir
kunjungan wisatawan ke Cianjur agak menurun.
Setiap lokasi wisata atau perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata tentunya ingin menarik
pengunjung ke tempatnya.
Pemerintah Daerah tentunya
perlu untuk mempromosikan
diri sehingga perusahaan-perusahaan
berberak di bidang pariwisata yang di dalamnya memiliki kesempatan
terbaik. Hal ini bisa dilakukan
melalui berbagai event,
mungkin yang paling penting saat ini melalui Dunia wide web Advertising, yang dapat dilakukan secara terus-menerus. Dengan wide web Advertising ini kita dapat memanfaatkan kemajuan teknologi, dengan iklan dalam sebuah situs ini memungkinkan dapat menarik
pengunjung situs, hal ini
merupakan sebuah pendekatan yang berkelanjutan sehingga menciptakan hasil akhir yang bermanfaat.
Apabila
ini memungkinkan, nantinya dunia periklanan berbasis web advertising di Cianjur
akan bermunculan. Organisasi-organisasi ini akan menyediakan layanan secara khusus serta focus dalam
meningkatkan basis konsumen. Mereka akan secara terus-menerus meningkatkan strategi mereka sendiri
dan memasarkan web
mereka sehingga terus berkembang
dan begitupun sasaran utama terkait pariwisata akan naik secara spontan.
Kalau kita lihat setiap
perusahaan yang berbasis pariwisata sebagian besar perusahaan mereka berkonsentrasi pada
pemasaran dan periklanan
produknya saja yang menjadi prioritas tunggal, sehingga tidak dapat memberikan gambaran
secara umum terkait destinasi wisata lain yang ada di Cianjur.
Sebagai
contoh saja begini, apabila ada perusahaan SEO yang membahas destinasi wisata
atau web tersebut sebut saja mempunyai iklan sebuah hotel di Cianjur, tentunya akan
ada iklan lain dalam web tersebut contoh iklan layanan kesehatan baik itu rumah
sakit, puskesmas atau juga berbagai toko souvenir atau yang lainnya yang ada di
Cianjur. Hal ini tentunya dapat memberikan gambaran bahwa di Cianjur telah
banyak fasilitas umum yang dapat terjangkau. Dan yang terpenting tentunya web
tersebut dapat diakses seluruh dunia, seorang visitor web, kemungkinan besar akan
tertarik hatinya ketika membaca atau melihat iklan yang ada di web tersebut untuk
dapat berkunjung ke Cianjur.