METODE PROMOSI
Pernah
berfikir, bagaimana seseorang akan membeli sebuah produk, apabila mereka tidak
tahu atau tidak pernah mendengar tentang produk kita… Nah disinilah kita
membutuhkan yang namanya promosi.
Promosi
(promotion) adalah sebuah penyampaian informasi atau pesan dari penjual kepada
calon pembeli, atau lebih jelasnya mempengaruhi sikap dan tingkah laku. Tugas
seorang manajer promosi pemasaran adalah memberitahukan langganan yang menjadi
sasaran produk yang baik tersedia di tempat (place) yang benar dengan harga
(price) yang tepat.
Apa
yang disampaikan oleh manajer pemasaran ditentukan secara baik bilamana
kebutuhan-kebutuhan dan sikap dari target langganan sudah diketahui. Tetapi
bagaimana pesan-pesan tersebut dapat disampaikan tergantung kepada
metode-metode promosi yang dipilih.
Berikut
ada beberapa metode pemasaran yaitu penjualan perorangan, penjualan masal, dan
promosi penjualan.
Penjualan perseorangan
(fleksibilitas adalah modalnya yang besar)
Penjualan
perseorangan (personal selling) mencakup komunikasi tatap muka langsung antara
penjual dan pelanggan potensial. Ini membuka kesempatan bagi penjual untuk
melihat reaksi-reaksi langganan dengan cepat. Hal ini memungkinkan penjual
menyesuaikan bauran pemasaran perusahaan terhadap kebutuhan masing-masing pasar
sasaran.
Para
penjual (salesman) termasuk dalam sebagian besar bauran pemasaran. Tetapi
penjualan perseorangan dapat menjadi mahal sekali. Seringkali perlu
mengkombinasikan penjualan perseorangan dengan penjualan missal dan promosi
penjualan.
Penjualan Masal mencapai jutaan
orang dengan biaya tertentu bahkan gratis
Penjualan
masal (mass seling) adalah berkomunikasi dengan sejumlah besar pelanggan pada
waktu sama. Hal ini kurang fleksibel disbanding dengan penjualan perseorangan.
Akan tetapi apabila pasar sasaran besar dan terpencar-pencar, penjualan masal
mungkin lebih murah.
Iklan
adalah bentuk utama dari penjualan masal, iklan (advertising) adalah setiap
bentuk penyajian apapun yang dibayar untuk gagasan-gagasan, barang-barang atau
jasa yang bukan pribadi serta diperkenalkan oleh sponsor. Adapun iklan
menggunakan media baik itu media masa elektronik, media cetak dan yang popular
saat ini melalui internet. Adapun bentuk lain penjualan masal yang gratis
adalah publisitas.
Publisitas
(publicity) adalah bentuk yang tidak dibayar dari penyajian bukan pribadi dari
gagasan-gagasan, barang dan jasa. Meskipun untuk publisitas perusahaan tidak
perlu membayar biaya media, namun perusahaan harus membayar orang-orang yang
menjadi publisher, yang berusaha menarik minat pembeli terhadap perusahaan dan
produk yang ditawarkannya atau kalau dalam dunia internet kita lebih mengenal
dengan namanya afiliasi.
Sebagai
contoh penulis menawarkan kepada pembaca untuk mengikuti program monetisasi
blog dengan menjadi publisher Adsoptimal. Dengan bergabung menjadi publisher di
adsoptimal, kita sebagai seorang penulis
atau pengelola sebuah blog, baik itu professional atau sekedar hoby menulis
tentunya kita ingin ada sedikit penghasilan dari hoby tersebut. Adsoptimal memberikan
pembayaran pada setiap iklan yang diklik oleh pembaca diblog kita, selain itu
adsoptimal memberikan reward kepada publisher baru yang mendaftar dan diterima
menjadi publishernya sebanyak $10. Bagi yang berminat silahkan klik tautan di
bawah ini
Selanjutnya
kita kembali pada bahasan inti tentang promosi, promosi penjualan (sales
promotion) menunjuk kepada aktivitas-aktivitas penjualan masal. Promosi penjualan
dapat menggunakan pajangan, plakat, pertunjukan pameran atau demo. Biasanya orang
yang bergelut dalam bidang promosi biasanya mereka memasang bahan iklan/promosi
di tempat pembelian (point of purchase). Mereka memberikan reward-reward,
menyiapkan materi latihan untuk tenaga penjual produk, bahkan ada yang merancang
alat-alat bagi tenaga penjual milik perusahaan yang digunakan selama melakukan
kunjungan penjualan.