KONSEP PEMASARAN



Apa arti dan bagaimana peranan pemasaran dalam kehidupan masyarakat, tentunya apabila dipaksan untuk memberi rumusan tentang pemasaran, mungkin kebanyakan orang akan mengatakan bahwa pemasaran berarti “menjual” atau juga memasang iklan”. Akan tetapi jawaban seperti itu tidaklah sebetulnya benar, karena dua jawaban itu hanyalah sebagian dari pemasaran. Pemasaran tidak hanya meliputi hanya menjual dan memasang iklan.

Sebagai contoh mari kita bayangkan tentang pemasaran kompor, kita tahu bahwa tidak ada satupun diantara kita sejak lahir dibekali dengan sebuah kompor, atau kita membuat sendiri kompor tersebut, kompor tersebut dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang sengaja membuat untuk dipasarkan dan dapat digunakan oleh khalayak ramai sebagai contoh saja sebut perusahaan butterfly, Rinai, Quantum dan lain-lain.
Mungkin kita juga tahu bahwa fungsi dari kompor itu sama, yaitu untuk memasak, memanaskan makanan dan lain-lain. Namun demikian, kita juga tahu bahwa dari sekian banyak kompor kita dapat memilih serta membedakan, baik dari nyala api, kekuatan kompor yang tahan lama, model atau apapun terkait selera masing-masing.
Berikut menurut Jeromy McCarty dalam bukunya dasar-dasar pemasaran, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan apabila mereka mengambil keputusan dalam pembuatan suatu produk  diantaranya :
1.    Membuat perkiraan berapa banyak orang yang akan membeli produk
2.    Meramalkan dengan tepat kapan mereka membutuhkan atau mengganti produk yang lama
3.    Menentukan efektifitas barang yang dibutuhkan konsumen
4.    Menentukan bahan untuk pembuatan barang yang akan dijual
5.    Menentukan harga yang dapat terjangkau dengan segala kelebihan barang yang akan diproduksi
6.    Menentukan lokasi pangsa pasar
7.    Menentukan cara-cara promosi
8.    Menentukan perkiraan perusahaan lain yang akan memproduksi produk yang sama
Kegiatan-kegiatan diatas tersebut bukanlah merupakan dari proses manufaktur melainkan kegiatan-kegiatan diatas merupakan bagian dari proses yang lebih luas, atau yang lebih tepatnya disebut dengan pemasaran yang dapat memberikan pengarahan yang diperlukan untuk kegiatan manufaktur  dan membantu agar barang-barang yang tepat sampai kepada konsumen yang tertarik akan barang-barang ini. Kesimpulannya jadi kita tahu bahwa pemasaran itu bukan hanya menjual dan memasang iklan.

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK