METODE PROMOSI



Pernah berfikir, bagaimana seseorang akan membeli sebuah produk, apabila mereka tidak tahu atau tidak pernah mendengar tentang produk kita… Nah disinilah kita membutuhkan yang namanya promosi.
Promosi (promotion) adalah sebuah penyampaian informasi atau pesan dari penjual kepada calon pembeli, atau lebih jelasnya mempengaruhi sikap dan tingkah laku. Tugas seorang manajer promosi pemasaran adalah memberitahukan langganan yang menjadi sasaran produk yang baik tersedia di tempat (place) yang benar dengan harga (price) yang tepat.
Apa yang disampaikan oleh manajer pemasaran ditentukan secara baik bilamana kebutuhan-kebutuhan dan sikap dari target langganan sudah diketahui. Tetapi bagaimana pesan-pesan tersebut dapat disampaikan tergantung kepada metode-metode promosi yang dipilih.
Berikut ada beberapa metode pemasaran yaitu penjualan perorangan, penjualan masal, dan promosi penjualan.
Penjualan perseorangan (fleksibilitas adalah modalnya yang besar)
Penjualan perseorangan (personal selling) mencakup komunikasi tatap muka langsung antara penjual dan pelanggan potensial. Ini membuka kesempatan bagi penjual untuk melihat reaksi-reaksi langganan dengan cepat. Hal ini memungkinkan penjual menyesuaikan bauran pemasaran perusahaan terhadap kebutuhan masing-masing pasar sasaran.
Para penjual (salesman) termasuk dalam sebagian besar bauran pemasaran. Tetapi penjualan perseorangan dapat menjadi mahal sekali. Seringkali perlu mengkombinasikan penjualan perseorangan dengan penjualan missal dan promosi penjualan.
Penjualan Masal mencapai jutaan orang dengan biaya tertentu bahkan gratis
Penjualan masal (mass seling) adalah berkomunikasi dengan sejumlah besar pelanggan pada waktu sama. Hal ini kurang fleksibel disbanding dengan penjualan perseorangan. Akan tetapi apabila pasar sasaran besar dan terpencar-pencar, penjualan masal mungkin lebih murah.
Iklan adalah bentuk utama dari penjualan masal, iklan (advertising) adalah setiap bentuk penyajian apapun yang dibayar untuk gagasan-gagasan, barang-barang atau jasa yang bukan pribadi serta diperkenalkan oleh sponsor. Adapun iklan menggunakan media baik itu media masa elektronik, media cetak dan yang popular saat ini melalui internet. Adapun bentuk lain penjualan masal yang gratis adalah publisitas.
Publisitas (publicity) adalah bentuk yang tidak dibayar dari penyajian bukan pribadi dari gagasan-gagasan, barang dan jasa. Meskipun untuk publisitas perusahaan tidak perlu membayar biaya media, namun perusahaan harus membayar orang-orang yang menjadi publisher, yang berusaha menarik minat pembeli terhadap perusahaan dan produk yang ditawarkannya atau kalau dalam dunia internet kita lebih mengenal dengan namanya afiliasi.
Sebagai contoh penulis menawarkan kepada pembaca untuk mengikuti program monetisasi blog dengan menjadi publisher Adsoptimal. Dengan bergabung menjadi publisher di adsoptimal, kita  sebagai seorang penulis atau pengelola sebuah blog, baik itu professional atau sekedar hoby menulis tentunya kita ingin ada sedikit penghasilan dari hoby tersebut. Adsoptimal memberikan pembayaran pada setiap iklan yang diklik oleh pembaca diblog kita, selain itu adsoptimal memberikan reward kepada publisher baru yang mendaftar dan diterima menjadi publishernya sebanyak $10. Bagi yang berminat silahkan klik tautan di bawah ini 



Selanjutnya kita kembali pada bahasan inti tentang promosi, promosi penjualan (sales promotion) menunjuk kepada aktivitas-aktivitas penjualan masal. Promosi penjualan dapat menggunakan pajangan, plakat, pertunjukan pameran atau demo. Biasanya orang yang bergelut dalam bidang promosi biasanya mereka memasang bahan iklan/promosi di tempat pembelian (point of purchase). Mereka memberikan reward-reward, menyiapkan materi latihan untuk tenaga penjual produk, bahkan ada yang merancang alat-alat bagi tenaga penjual milik perusahaan yang digunakan selama melakukan kunjungan penjualan.

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK