MAKNA KEINDAHAN DALAM ILMU BUDAYA DASAR

Citambur


Bagaimana kita dapat memaknai suatu keindahan yang merupakan sesuatu yang dapat membuat hati atau perasaan kita merasa senang, entah itu saat kita lihat maupun merasakannya. Keindahan adalah sebuah anugerah dari diberikan Allah Swt, yang kita sendiri tidak tahu persis kapan keindahan itu diciptakan. Setiap manusia memiliki berbagai keindahan tersendiri yang berbeda bagi setiap manusia itu sendiri. Keindahan dapat diartikan berbeda bagi setiap manusia, hal ini disebabkan perasaan serta penilaian yang berbeda dari setiap individu. Jika kita menilai sesuatu yang dikatakan  indah menurut kita, hal ini tentunya belum indah menurut orang lain. Keindahan selalu melengkapi kehidupan di dunia ini. Tanpa hadirnya keindahan, dunia mungkin redup begitu juga dengan halnya kebahagian. Karena satu factor penyebab keindahan adalah munculnya kebahagian.
Contoh kasus, banyak sekali orang sangat enggan atau malas ketika bertemu dengan yang namanya hari senin, tatapi adapula ada orang yang merasa senang dan merasa menemukan keindahan apabila bertemu dengan hari senin. Hal ini tentunya tidak terlepas dari sudut pandang masing-masing orang. Saya berupaya menuangkan fikiran saya ke dalam tulisan ini, dengan menyatukan beberapa pendapat yang lain terkait makna keindahan.
Kita mulai saja dari pengertian mengenai manusia, yang merupakan makhluk ciptaan Allah Swt dengan kategori paling sempurna dibandingkan dengan makhluk lain, salah satu kelebihan manusia dikarenakan mempunyai akal dan pikiran untuk dapat berfikir secara logis dan dinamis, serta bisa membatasi diri dengan perbuatan yang tidak dilakukan, manusia bisa memilih perbuatan yang baik (positif) atau yang tidak baik (negatif) buat manusia itu sendiri. Selain daripada itu manusia dapat diartikan secara global bahwa manusia adalah makhluk pribadi dan makhluk sosial. Dengan sebab manusia tidak dapat berdiri sendiri, tetapi memerlukan bantuan dari manusia lainnya. Oleh karena itu manusia merupakan makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial.
Selanjutnya bagaimana kita tahu memaknai tentang keindahan, indah sering diucapkan pada situasi dan kondisi tertentu. Keindahan itu sifatnya universal, dengan artian bahwa suatu keindahan tak terikat oleh selera perorangan, waktu, tempat atau lokasi tertentu, tetapi bersifat menyeluruh. Adapun segala sesuatu yang mempunyai sifat indah seperti hasil seni, keindahan alam dan lain-lain.
Keindahan  merupakan suatu persoalan mengenai filsafat yang jawabannya sangat beraneka ragam. Tetapi yang merupakan ciri yang umum tentang keindahan yaitu segala sesuatu yang ada pada semua benda yang dianggap indah dan kemudian menyamakan ciri serta kualitasnya secara hakiki. Secara kualitas hal yang paling  sering disebut adalah harmony, unity,  symmetry, balance serta contrast.
Menurut Herbet Read keindahan merupakan kesatuan dan hubungan dalam bentuk yang terserap indrawi manusia. Adapun menurut seorang Filsuf abad pertengahan Amuinos, keindahan adalah sesuatu menyenangkan apabila dilihat. Karena begitu luasnya pengertian keindahan maka dapat dibedakan menjadi tiga klasifikasi, yaitu :
a)        Keindahan dalam artian yang luas
b)        Keindahan dalam artian estetik yang murni
c)        Keindahan dalam arti terbatas, dimana keindahan yang terkait dengan benda yang dapat diserap penglihatan berupa keindahan bentuk dan warna
Terdapat  nilai yang penting dalam keindahan yaitu ; pertama nilai ekstrinsik dimana nilai tersebur bersifat sebagai alat untuk sesuatu hal. Yang kedua nilai intrinsik yaitu sifat baik yang terkandung dan merupakan suatu tujuan dari sifat baik tersebut.
 Menurut M. Filo ada 3 kelompok dalam keindahan yakni;
a)         Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan itu bersifat subjektif, dimana manusia menilai dengan fikirannya sendiri, baik itu indah dan tidak indah.
b)        Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan bersifat objektif, dimana keindahan merupakan nilai intrinsik pada suatu objek.
c)         Kelompok yang berpendapat bahwa keindahan merupakan pertemuan antara subjektif dan objektif, dimana kualitas keindahan akan timbul jika terjadi pertemuan antara subjek dan objek.
Manusia dan keindahan tidak bisa terpisahkan untuk itu perlu upaya dalam melestarikan bentuk dari keindahan baik yang dituangkan dalam bentuk kesenian yang dikemudian hari dapat dijadikan bagian dari suatu kebudayaan yang dapat dibanggakan dan terlepas dari unsur politik. Ruang  keindahan dalam kehidupan manusia sangatlah luas, serta sesuai dengan perkembangan peradaban teknologi, sosial, serta budaya. Oleh arena itu keindahan tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. 
Keindahan mempunyai dimensi interaksi yang kompleks, entah itu hubungan manusia dengan berbagai benda, hubungan manusia dengan manusia lainnya, hubungan manusia dengan Tuhan sebagai penciptanya, serta bagi orang itu sendiri yang melakukan interaksi. Ungkapan tentang keindahan di dalam karya seni selalu didasari oleh motivasi khusus serta dengan tujuan khusus pula. Motivasi tersebut dapat berupa sebuah pengalaman atau kenyataan mengenai penyesalan, kesialan maupun penderitaan dalam hidup manusia, entah itu terkait tentang kemerosotan moral, tentang perubahan nilai dalam masyarakat, serta tentang keagungan Tuhan. Adapun tujuannya dapat dilihat dari nilai kehidupan manusia, martabat manusia, serta kegunaannya bagi manusia. Ada beberapa alasan mengapa manusia menciptakan keindahan, diantaranya ; nilai yang telah usang, merosotnya zaman, adanya penderitaan manusia serta yang terakhir keagungan tuhan.


 

Popular posts from this blog

CARA MUDAH UJI VALIDITAS INSTRUMEN DALAM MS. EXCEL

Hitung Rtabel dengan Microsoft Excel

LANDASAN KERJA DAN KARAKTERISTIK STATISTIK